Minggu, 02 September 2012

MERTUA vs MENANTU

Sudah lama tidak ngeblog...
Belakangan ini, di Jambi selalu terdengar kabar tentang mertua vs menantu. Kenapa jarang ada yang akur ya? Hehehe...
Mungkin beberapa pertanyaan muncul di benak saya:
1. Kenapa mertua lebih care kepada anak perempuannya sendiri ketimbang menantu? begitu pula menantu, kenapa lebih sayang mamanya sendiri dibanding mertua? Mungkin jawabannya adalah : karena tidak ada ikatan batin dan darah, tetapi sepertinya kurang pas kalo itu jawabannya, karena kita aja bisa sangat menyayangi temen kita walaupun bukan ikatan darah.
2. Kenapa mertua lebih bisa berkorban buat anak perempuannya ketimbang berkorban buat anak lelaki dan menantunya? begitu pula menantu, kenapa lebih bisa berkorban buat keluarganya sendiri? Aneh ya manusia, gak ada yang bisa mengalah, semua hal selalu dipermasalahkan. Rasa iri hati tidak bisa terlepas dari diri kita (selalu saja membanding-bandingkan)
3. Kenapa belakangan ini saya lihat mertua / ortu lebih sayang sama anaknya yang jauh (berada di luar kota) ketimbang yang tinggal serumah ya?
4. Kenapa mertua / ortu bisa lebih sayang sama anak perempuan / laki-laki yang kaya? Mungkin jawabannya adalah mereka takut susah hidupnya.

Sebenarnya apa yang membuat mertua vs menantu tidak sama dengan ibu vs anak perempuannya sampai saat ini masih bingung ngejawabnya.
Karena di satu pihak, mertua terkadang menganggap menantu tidak sopan, tetapi di lain pihak menantu menganggap  mertua tidak perhatian terhadap keluarganya.

Ya sudah lah, apapun masalah mertua vs menantu, hadapi aja dengan kepala dingin dan mengalah lah... karena tidak ada gunanya kalo diambil hati, ntar stress sendiri.

Tapi kalo ada temen-temen yang punya tips "agar disayang mertua" atau "agar disayang menantu" bisa sharing di blog saya ya....Bisa saja berguna bagi semua orang...
Bye....bye....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar